Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Kopi Latte Enak Ala Rumahan




Hai Kopi Lovers, Salah satu kopi yang sering saya nikmati adalah kopi latte. sudah pernah mencobanya ? atau malahan salah satu kopi favorit neh. Harga kopi latte di Cafe atau kedai kopi relatif terjangkau sekitar Rp.38.000 an, harga tersebut bisa lebih mahal atau murah tergantung tempatnya . Nyruput Kopi  anytime bisa kopi lovers nikmati pagi, siang, sore,malam. Apalagi kalau kita ngafe rame-rame sama teman-teman ngobrol sana sini pasti lebih asyik. Ngopi di kafe tidak melulu ngobrol ketawa ketiwi, banyak juga yang memanfaatkan untuk diskusi yang konteksnya lebih resmi mengenai pekerjaan bersama teman kantor atau mitra kerja. Lepas dari itu aku iseng-iseng pengen buat kopi latte sendiri dirumah, meskipun tidak seenak bikinan barista atau peracik kopi handal, setidaknya mirip-miriplah rasanya.Sebelumnya, kita terangin dulu Pengertian Kopi Latte itu apa.


Pengertian Kopi Latte

Latte atau Caffè latte  dalam bahasa Italia yang artinya kopi susu. Kopi Latte adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya.
Komposisi kopi latte  antara susu dengan kopi pada kopi latte mempunyai perbandingan 2:1. Di Amerika Serikat kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino.


Asal Usul Kopi Latte

Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin. Dia adalah pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia.  Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karenanya meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut.  Lama-kelamaan Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai "caffè latte". Ketika itu, ia menyajikan caffè latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir. Kini, caffè latte disajikan dalam cangkir..


Oke, Sekarang mimin akan bahas cara membuat kopi latte dirumah , siapkan dahulu bahan kopi latte yang diperlukan. Kopi latte biasanya  disajikan dingin atau es kopi latte, tidak panas seperti kopi umumnya. Tetapi kita share juga resep kopi latte panas biar lebih komplit, yuk kita simakcara membuat kopi latte di rumah, cekidot







Bahan Kopi Latte Panas :

  • 6 sdm kopi instan
  • 1000 ml susu cair panas
  • 250 ml krim kental 
  • 100 gr gula pasi

Cara Membuat kopi Latte Panas  :

  1. Larutkan kopi instan dengan sedikit susu panas, aduk hingga larut.  Masukkan sisa susu, aduk rata.
  2. Kocok krim kental bersama gula pasir hingga lembut dan agak kaku.
  3. Tuang kopi hangat ke dalam cangkir, beri krim kental secukupnya, sajikan selagi  panas atau hangat.


Bahan Kopi Latte Dingin

  • 2 sdm kopi instan
  • 300 ml susu hangat
  • 125 ml krim kental
  • 3 sdm gula pasir
  • Es batu, sesuai selera
  • Coklat keping, potong tipis-tipis
  • Coklat bubuk untuk taburan

Cara Membuat kopi Latte Dingin :

  1. Larutkan kopi instan dalam susu, sisihkan hingga dingin.
  2. Masukkan krim kental, gula, dan es batu ke dalam blender, lalu proses hingga gula larut. 
  3. Masukkan kopi susu dan cokelat keping ke dalam blender,proses kembali hingga  berbuih.
  4. Tuang minuman ke dalam gelas, taburi cokelat bubuk kalau suka coklat. Sajikan selagi dingin. 

Nah kopi lovers itulah  bahan kopi latte  dan caramembuat kopi latte dingin maupun panas rumahan, mudah bukan ? Let's make it :)